Saturday, February 21, 2009

WARNA HIJAU DALAM AL-QURAN

"Ada banyak kata "hijau" di dalam ayat-ayat Al-Qur'an dan menjelaskan akan keadaan penghuni jannah ataupun segala yang ada di sekelilingnya,berupa kenikmatan, suasana, kesenangan, ketenangan jiwa. Kita mendapati di dalam surat Al-Rahman:
"Mereka bertelekan (bertelekan: tiduran menyamping, tubuh lurus, dengan salah satu tangannya dilipat dan telapak tangannya menyangga kepala -penat) di atas bantal-bantal yang hijau dan permadani yang indah" (QS. Al-Rahman: 76)
"Mereka mengenakan pakaian sutera halus yang hijau,dan sutera tebal, serta dipakaikan gelang dari perak kepada mereka. Dan Rabb mereka memberi minum mereka dengan minuman yang suci"(Q.S. Al-Insan: 21)
"Mereka mengenakan pakaian sutera halus yang hijau dan sutra tebal"(Q.S.Al-Kahf: 31)
Salah seorang pakar psikologi, Ardatsham, mengatakan "Sesungguhnya pengaruh warna terhadap manusia sangat besar, dan saya pernah melakukan sejumlah penelitian dan menjelaskan bahwa warna berpengaruh terhadap kejiwaan dan semangat serta vitalitas kita; merasa panas; atau dingin; atau nyaman; atau bahagia; bahkan bisa berpengaruh terhadap keperibadian seseorang dan berpengaruh terhadap menyingkapi kehidupan.
Dan warna bias menjadi sebab relung jiwa yang dalam terpengaruh dengannya. Sebuah rumah sakit pernah mengundang sejumlah pakar untuk memberikan saranan bagi warna dinding ruang
pesakit atau warna dinding rumah sakit, sehingga boleh banyak membantu dalam mengubati mereka. Rumah sakit juga meminta saran tentang warna yang terbaik untuk pakaian pesakit. Sejumlah percubaan telah membuktikan bahawa warna kuning bisa membangkitkan semangat di saraf pusat. Adapun warna ungu boleh membangkitkan ketenangan.
Adapun warna biru, maka orang yang melihatnya akan merasa dingin. Sebaliknya, warna merah maka orang akan merasa panas atau gersang. Dan para pakar tersebut mengatakan bahwa warna yang bisa membangkitkan kebahagiaan, gembira, bersemangat hidup(bergairah) adalah warna hijau. Oleh karena itu, warna yang utama dan sesuai untuk kamar atau bilik pembedahan, pakaian para ahli bedah dan pakaian pesakit adalah warna hijau. Sebuah pengalaman unik akan kami kemukakan di sini bahawa ada sebuah pengalaman yang terjadi di London,Inggeris, di kawasan Black Fryer yang dikenal dengan "kawasan bunuh diri" karena majoriti kejadian bunuh diri banyak terjadi di kawasan ini. Kemudian diadakan perubahan warna dari warna gelap gurun ke warna hijau metalik. Dengan hal ini ternyata terjadi penurunan jumlah kejadian bunuh diri dengan sangat signifikan. Warna hijau juga boleh menjadikan pandangan mata nyaman.

Sumber:
Kitab: Ma'a Al-Thib fii Al-Qur'an Al-Karim,
dari. Abdul Hamid Diyab, dari. Ahmad Qarquz,
Mu'assasah Ulum Al-Qur'an, Dimasyq.

* Tengok betapa bagusnya warna hijau kan???

No comments: